Pemenang Lelang Sudah Diatur

Koran Tempo pA7 (1)

Salah satu pemenang tender percetakan soal Uian Nasional (UN) 2013 dipertanyakan. PT Ghalia Printing Indonesia menjadi satu-satunya pemenang tender dengan nilai penawaran paling tinggi, yakni Rp 22,4 miliar. Namun, ternyata dalam pelaksanaannya justru percetakan inilah yang menjadikan UN di 11 provinsi ditunda. Angka penawaran yang disampaikan Ghalia ini lebih mahal sekitar Rp10 miliar dibandingkan pemenang yang lain. Paket yang dimenangkan Ghalia paling tinggi nilainya dibandingkan lima paket yang lain.

Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) pun menuding adanya pengaturan perusahaan yang memenangkan lelang itu.

Korrdinator Investigasi dan Advokasi Fitra Uchok Sky Khadafi mengatakan, perusahaanyang memilki harga penawaran tertinggi justru mengalahkan perusahaan dengan penawaran murah. Ghalia menjadi pemenang tender pengadaan soal UN Paket 3 yang mencakup 11 provinsi.

Topik yang sama juga ditulis oleh Koran Tempo (page A7). Koran Tempo menambahkan, catatan Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kementerian Pendidikan menunjukan lelang soal paket 3 tersebut di buka dengan harga (HPS) Rp. 27,1 miliar. Dalam tender tersebut, Ghalia mengajukan penawaran Rp. 22,48 miliar. Penawaran tersebut lebih tinggi dengan harga yang ditawarkan competitor yang lain, yaitu PT Aneka Ilmu (Rp. 17,1 miliar), PT Jasuindo Tiga Perkasa (17,1 miliar) dan PT Balebat Dedikasi prima (Rp. 21,6 miliar).

Mendikbud M Nuh yang telah melakukan pengecekan langsung ke kantor Ghalia di Bogor mengaku kecewa terhadap manajemen Ghalia. Dalam kunjungan tersebut, ia menjumpai naskah ujian nasional yang sudah siap kirim tapi masih belum diangkut. Nuh berjanji akan memberi sanksi blacklist  untuk Ghalia.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s