Mahasiswa Bidikmisi Kesulitan Biaya Hidup

Kompas p12 (2)

Keterlambatan penyaluran Beasiswa Pendidikan bagi Mahasiswa Berprestasi membuat mahasiswa “menjerit”. Penerima beasiswa Bidikmisi yang merupakan mahasiswa dari keluarga tidak mampu ini kesulitan membiaya kuliah dan hidup sehari-hari. Keterlambatan terjadi di PTN di bawah Kemendikbud maupun Kementerian Agama.

Fadli, Sekretaris Jendral Lingkar Bidikmisi (Lingdiksi) Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN) se-Nusantara, menyampaikan sampai saat ini mahasiswa penerima Bidikmisi belum menerima beasiswa Rp 6 juta per semester. Beasiswa Rp 600 ribu per bulan untuk biaya hidup dan Rp 2,4 juta lainnya untuk kuliah per semester.

Sementara itu, penyaluran Bidikmisi bagi mahasiswa dibawah kemendikbud yang terlambat sudah mulai ditransfer. Namun, penyaluran belum menyentuh semua penerima Bidikmisi. Kepala Pusat Informasi dan Humas Kemenag Zubaidi  menjelaskan, ada masalah penganggaran terkait penyaluran Bidikmisi di 32 PTAIN. Namun, Kemenag berjanji segera menyelesaikannya.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Pendidikan Tinggi Kemdikbud Illah Sailah mengatakan, ada 88.142 penerima Bidikmisi. Pencairan tertunda karena termasuk dana yang diblokir Kementerian Keuangan.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s