DPR: Buka Semua hasil Investigasi UN

Republika, p 5 (2)

Hasil investigasi pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2013 yang dilakukan oelh Inspektorat Jenderal Kemendikbud diminta dibuka semua. Anggota Komisi X DPR dari PDIP Deddy Gumelar mengatakan, tidak boleh ditutupi atau hanya disampakan sebagian.

Menurutnya, ketidakterbukaannya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M Nuh trkait hasil investigasi UN,menunjukkan ada permasalahan yang besar dalam internal Kemendikbud.

Ia menduga dengan direduksinya laporan hasil investigasi, Kemendikbud seolah-olah cuci tangan atas kesalahn-kesalahan yang telah dilakukannya.

Senada degan Deddy, anggota Komisi X lainnya Herlini Amran menyesali atas ketidakterbukaannya Mendikbud ketika mengumumkan hasil investigasi UN.

Ia menuntut ketegasan Mendikbud dalam menertibkan jajaranya, baik dari unsur Balitbang Kemendikbud maupun BSNP.

Sementara itu, Mendikbud M Nuh tidak bersedia menyebutkan siapa saja pejabat yang direkomendasikan diberhentikan dengan alasan khawatir akan membuat kisruh UN semakin ricuh.

Ia mengatakan, hasil investigasi tidak bisa dibagi kepada publik, karena sesuai peraturan, dalam surat Itjen bahwa laporan hasil investigasi ditujukan pada menteri.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s