Kurikulum 2013 Dapat Tertunda

Kompas p12 (1)

Pelaksanaan Kurikulum 2013 di tingkat SMA dapat tertunda dari jadwal semula 15 Juli 2013. Ini  disebabkan, anggaran untuk pelatihan guru serta pencetakan buku pegangan guru dan siswa belum dapat dicairkan.

Kementerian Keuangan menghendaki Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama komisi X DPR membahas kembali perubahan target dan sasaran Kurikulum 2013 yang mengalokasikan anggaran menjadi Rp 684,4 miliar.

Saat dimintai keterangan, Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad memebenarkan bahwa anggaran Kurikulum 2013 belum disetujui Komisi X karena ada perubahan sasaran atau target sekolah dan siswa.

Untuk tingkat SMA dan SMK, kini hanya 1.270 SMA dan 1.021 SMK yang akan menerapkan Kurikulum 2013. Padahal di rencana awal, Kurikulum 2013 diterapkan di semua SMA/SMK. Target ini sudah beberapa kali diubah pemerintah.

Karena belum ada pembahasan perubahan anggaran, seluruh proses penyiapan Kurikulum 2013 belum dapat berjalan. Misalnya, proses tender ulang buku pegangan guru dan siswa. Proses tender sebenarnya sudah dimulai April, tetapi terhenti dan harus ada tender ulang. Hal ini, karena ada pembajakan pada situs tender.

Anggota Panitia Kerja Kurikulum 2013 DPR Ferdiansyah mengatakan, saat ini DPR belum menyetujui anggaran Kurikulum 2013, karena ingin memastikan lebih dulu bahwa penerapan kurikulum sudah benar-benar siap.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s