UN SD Masih Pro Kontra

Republika p5 (1)

Wacana penghapusan Ujian Nasional (UN) Sekolah Dasar (SD) ditanggapi beragam oleh para guru. ada yang menyatakan setuju, dan lainnya tidak sepaham.

Astholani, salah seorang yang menyatakan tidak setuju. Menurutnya, adanya UN berdampak positif bagi anak didik. UN membuat siswa terbiasa menghadapi ujian sejak kecil. Jika anak sudah terlatih mengahdapi tantangan, sang anak akan tahan uji dan membuat anak giat belajar.

Sedangkan Azizah berbeda pandangan dengan guru yang menyatakan tidak setuju jika UN SD dihapuskan. Ia menyatakan setuju dengan penghapusan UN SD tersebut. Ia menilai tidak adil jika hanya tiga mata pelajaran saja yang diujikan dalam UN. UN juga bukan jaminan karena rawan bocor.

Sementara itu, Konsultan Pendidikan Munif Chatib mengatakan wacana penghapusan UN SD sejalan dengan kurikulum baru yang akan ditetapkan Juli 2013. Ia juga menilai penerapan kurikulum adalah jalan untuk penghapusan UN untuk seluruh jenjang pendidikan.

Munif yang juga salah satu anggota Tim penyusun Kurikulum 2013 mengatakan UN memilki rantai yang panjang, mulai perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi ibarat lingkaran setan yang sudah untuk dihapus.

Ia mengatakn, jika UN mau dipertahankan, tujuannya cukup untuk pemetaan kualitas pendidikan di seluruh Indonesia. tidak boleh lagi menjadi salah satu syarat kelulusan.

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s