Tenaga Pendidik Jadi Tantangan

Republika, p 25

Tenaga pendidik menjadi salah satu tantangan yang dimiliki lembaga pendidikan islam. Ketua Pengurus Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Arifin Junaidi mengatakan, ini persoalan yang ada didepan mata dan perlu penanganan baik. Menurutnya, lembaga pendidikan yang dinaunginya membutuhkan bukan sekedar pendidik.

Sejak berdiri pada 1959, Lembaga Pendidikan Ma’arif tak letih untuk mendampingi masyarakat. Mereka menghadirkan sekolah formal dan madrasah. Arif mengatakan, dibutuhkan pendidik berkualitas dan satu visi untuk mengimbangi banyaknya jumlah siswa.

Mereka dituntut mampu membentuk karakter siswa yang islami. Mereka kelak diharapkan menjadi generasi yang membangun bangsanya dan mengembangkan sikap toleransi. Pembangunankarakter menjadi ciri utama di lembaga pendidikan NU ini. Selain itu, tantangan kedua yang dihadapi lembaga pendidikan Islam adalah sarana pendidikan yang kurang memadai. Terutama sekolah yang berada diluar Jawa.

Sementara itu, Sekretaris Umum PP Persatuan Islam (Persis) Irfan Safrudin menghendaki lulusan dari sekolah Persis membawa hal positif bagi masyarakatnya. Paling tidak mereka berlaku baik. Sebab, selama ini pendidikan agama islam diajarkan di seluruh jenjang pendidikan di sekolah Persis.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s