UKT Turunkan Pendapatan Kampus

Republika, p 5 (2)

Penerpaan uang kuliah tungal (UKT) dinilai secara otomatis akan menurunkan pendapatan kampus. Pembantu Rektor I Universitas Brawijaya Malang Prof Dr Bambang Suharto mengatakan, biaya masuk (uang gedung) tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya dibayarkan dimuka, mulai tahun ini dibayarkan bersamaan dengan uang kuliah tunggal (UKT).

Menurut dia, karena pendapatan awal yang meurun tersebut, sejumlah kegiatan pembangunan, termasuk gedung kuliah baru dan fasilitas lainnya, terpaksa harus dijadwal ulang. Sebab, mahasiswa bisa membayar per semester atau per tahun sesuai kategorinya.

Penerpaan UK tahun akademik 2013/2014 itu juga dikeluhkan Dekan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya Prof Darsono Wisadirana. Ia mengungkapkan, uang sumbangan peningkatan pendidikan yang dulu bisa diterima pada awal tahun, sekarang tidak ada lagi.

UKT di Universitas Brawijaya dibagi menjadi lima kategori yang ditentukan secara proposional. besarannya antara nol rupiah hingga Rp7,5 juta, kecuali untuk fakultas kedokteran, ada perlakuan berbeda dan lebih tinggi dari fakultas lainnya, sebesar Rp 21 juta.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s