Mutu Lulusan Kedokteran Sekarang Dinilai Jeblok

Media Indonesia, p 15 (1)

Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mengeluhkan mutu lulusan kedokteran belakangan ini yang terus menurun. Jebloknya lulusan kedokteran dewasa ini disebabkan semakin banyaknya fakultas kedokteran di daerah yang kurang bermutu.

Menurut Ketua PB IDI Zaenal Abidin, tahun ini pihak IDI tengah mendampingi sekitar 2.500 lulusan kedokteran yang belum mendapat sertifikasi kompetensi lantaran gagal lulus uji kompetensi yang digelar kolegium kedokteran, IDI, dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI).

Kendati banyak lulusan kedokteran yang tidak lulus kemudian mengulang berkali-kali dalam mengikuti uji kompetensi. Zaenal tidak menyalahkan mereka. Menurutnya, kualitas mereka buruk lantaran materi yang diberikan fakultas juga buruk.

Lulusan IPS

Bahkan baru-baru ini, KKI mengadu ke PB IDI bahwa mereka menemukan mahasiswa kedokteran berasal dari jalur IPS. Setelah dicek, laporan itu benar adanya.

Ia pun mendesak Kemendikbud agar segera membenahi praktik fakultas kedokteran kelas abal-abal. Karena, jika hal itu didiamkan, maka kepercayaan masyarakat kepada dokter muda Indonesia akan semakin luntur.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s