Buku Teks Kurikulum 2013 Akan Direvisi

Kompas, p 12 (1)

Pemerintah akan merevisi buku-buku teks Kurikulum 2013 yang dinilai masyarakat mengandung materi yang tidak sesuai atau kata-kata yang tidak santun seperti makian atau umpatan. Proses seleksi atau pemilihan materi buku selanjutnya akan lebih diperketat.

Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Mahsun, mengatakan, evaluasi dan revisi buku sesuai dengan rencana tahapan dalam implementasi Kurikulum 2013. Buku teks pelajaran Bahasa Indonesia untuk kelas VII SMP termasuk salah satu buku yang akan direvisi.

Di tempat terpisah, Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan Musliar Kasim menjelaskan revisi tidak hanya dilakukan setelah adanya persoalan di buku Bahasa Indonesia kelas VII, tetapi sudah jadi bagian dari proses evaluasi pelaksanaan Kurikulum 2013.

Sementara itu, penerbit buku mengeluhkan singkatnya waktu penilaian yang disediakan pemerintah untuk buku-buku peminatan SMA/SMK yang sesuai dengan Kurikulum 2013. Untuk membuat buku teks dan pegangan guru yang berkualitas, dibutuhkan waktu enam bulan hingga satu tahun. sebab, penulisan buku harus komperhensif dan dibutuhkan riset.

Ketua Umum Ikapi Lucya Andam Dewi mengatakan, penerbit buku selama ini menahan diri untuk menerbitkan buku karena Kurikulum 2013 belum jelas. Namun, kemudian pemerintah mengatakan tidak sanggup menyediakan buku-buku peminatan sehingga terbuka ruang bagi penerbit buku.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s