UI, UGM, ITB, dan ITB Jadi PTN Badan Hukum

Kompas, p 12 (1)

Empat perguruan tinggi negeri diberi otonomi pengelolaan secara akademik dan nonakademik lebih luas. Statuta empat dari tujuh eks perguruan tinggi badan hukum milik negara itu telah disahkan Presiden untuk menjadi PTN badan hukum (BH).

Keempat PTN itu adalah Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Keempat PTN itu memiliki kewenangan untuk membuka dan menutup program studi. Mereka juga leluasa mengembangkan kerja sama dan usaha serta pendapatannya tidak masuk sebagai pendapatan negara bukan pajak.

Menurut Djoko Santoso, Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, penetapan sebagai PTN BH ini berdasarkan  penilaian pemerintah. Sedangkan tiga eks PT BHMN lainnya, yakni Universitas Sumatera Utara, Universitas Airlangga, dan Universitas Pendidikan Indonesia, masih menunggu pengesahan statuta sebagai PTN BH.

Biaya terjangkau

Sementara itu, Pejabat Rektor UI M Anis mengatakan, meskipun UI telah ditetapkan menjadi PTN BH, biaya kuliah tetap harus mengacu pada uang kuliah tunggal (UKT). Dengan mengacu pada UKT dan bantuan operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) , maka biaya kuliah menjadi lebih terjangkau.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s