Pendaftaran SBMPTN Bisa di Kantor Pos

Republika, halaman 7

Seluruh siswa di penjuru Tanah Air mendapat kesempatan yang sama untuk mendaftarkan diri mengikuti seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN). Tak terkecuali siswa yang berada di wilayah pelosok dan belum tersentuh jaringan internet.

Pasalnya, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menjalin kerja sama dengan seluruh kantor pos di Indonesia. Sekretaris pokja SBMPTN 2014 Bambang Hermanto mengatakan, siswa bisa mendatangi kantor pos di kabupaten/kota masing-masing dan mendaftar di sana.

Selain kantor pos, Kemendikbud juga sudah menggandeng perguruan tinggi negeri di daerah-daerah untuk “menjemput bola”. Siswa di daerah terpencil, katanya, bisa memanfaatkan jaringan internet di perguruan tinggi untuk mendaftar.

Tahun ini pemerintah juga menurunkan biaya pendaftaran SBMPTN. Jika tahun lalu setiap pendaftar harus membayar biaya pendaftaran antara Rp 175 ribu hingga Rp 200 ribu, tahun 2014 turun menjadi Rp 100 ribu untuk semua jenis tes.

Adapun syarat untuk mendaftar SBMPTN adalah siswa harus memiliki Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Ujian Nasional (NUN).

Pendaftaran online SBMPTN dibuka 12 Mei 2014 pukul 08.00 WIB sampai 6 Juni 2014 pukul 22.00 WIB. Pendaftaran dapat juga dilakukan melalui Plasa Telkom dan PT Pos di seluruh Indonesia.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s