104.608 Guru Terancam Tak Dapat Tunjangan

Koran Sindo, halaman 4

Sebanyak 104.608 guru di jenjang SMP, SMA, dan SMK terancam tidak mendapat tunjangan profesi. Ini lantaran jam mengajar mereka terpotong akibat sekolah memakai kembali kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).

Direktur Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dirjen Pendidikan Dasar (Dikdas) Kemendikbud Sumarna Surapranata mengatakan, 104.608 guru negeri dan swasta itu terbagi atas 94.308 guru di jenjang SMP dan 10.300 guru di jenjang SMA/SMK.

Pranata mengungkapkan, para guru itu terancam tidak menerima tunjangan profesi (TP) bila tidak ada intervensi dari Kemendikbud agar ada penambahan jam mengajar melalui kegiatan pembelajaran lain. Oleh sebab itu, pihaknya menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 4/2015 tentang ekuivalensi kegiatan pembelajaran/pembimbingan bagi guru yang sekolahnya memakai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Ekuivalensi ini hanya berlaku bagi guru SMP/SMA/SMK karena di SD tidak mengenal istilah 24 jam mengajar, dan hanya akan berlaku dua tahun, karena setelah itu Kurikulum 2013 akan diberlakukan di seluruh sekolah secara nasional.

Pranata menambahkan, kegiatan ekuivalensi bisa lebih dari satu. Namun, jumlah jam yang diakui maksimal 25% dari beban mengajar minimal 24 jam tatap muka per minggu atau enam jam tatap muka per minggu.

Ketua Umum PB Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Sulistyo menyambut baik ekuivalensi tersebut karena memang banyak guru yang berubah jam mengajarnya karena revisi kurikulum. Oleh sebab itu, permendikbud tersebut mesti segera disosialisasikan, sehingga sekolah dan dinas pendidikan bisa memberikan data guru-guru yang terkena dampak ekuivalensi ke Kemendikbud.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s