Perguruan Tinggi Masih Bergulat dengan Masalah Mutu

Kompas, halaman 11

Masih sulit mengandalkan perguruan tinggi untuk dapat memperkuat daya saing bangsa lewat inovasi. Perguruan tinggi di Indonesia masih bergulat dengan masalah mutu. Oleh karena itu, peningkatan mutu perguruan tinggi masih penting, selain perluasan akses perguruan tinggi bagi generasi muda.

Dari sekitar 4.000 perguruan tinggi negeri (PTN) dan swasta di Indonesia, tahun lalu hanya ada dua perguruan tinggi yang masuk top 500 dunia. Terkait dengan akreditasi institusi, hanya 21 perguruan tinggi terakreditasi A. Jumlah publikasi internasional 4.843 karya, sementara paten yang terdaftar sebanyak 1.427 paten.

Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir mengatakan, kemampuan inovasi Indonesia dalam penilaian Indeks Daya Saing Dunia sebetulnya membaik, tetapi masih perlu meningkatkan jumlah paten. Adapun untuk kualitas perguruan tinggi dan pelatihan, masih tertinggal jauh. Menurut Nasir, perguruan tinggi akan didorong untuk meningkatkan kerja sama dengan pemerintah dan dunia usaha. Pendirian pusat sains dan teknologi didorong tumbuh menjadi pusat keunggulan di daerah. Adanya pusat-pusat tersebut akan mendorong peningkatan produk lokal sehingga industri di daerah bisa tumbuh dan menyerap tenaga kerja.

Untuk itu, perguruan tinggi didorong meningkatkan publikasi ilmiah. Pemerintah akah menyediakan skema-skema riset bagi perguruan tinggi. Bagi perguruan tinggi milik pemerintah, sekitar 30 persen dana bantuan operasional perguruan tinggi untuk membuat jurnal ilmiah berskala nasional dan internasional.

Sejumlah perguruan tinggi juga didukung untuk menghasilkan inovasi hingga menjadi prototipe yang bisa diproduksi industri. Pengembangan riset difokuskan pada tujuh bidang, yakni pangan, energi, teknologi informasi komunikasi, transportasi, kesehatan dan obat-obatan, material maju, serta kemaritiman.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s