Emas, Perak, dan Perunggu untuk Negeri

Kompas, halaman 1

Sebanyak 570 medali emas, perak, dan perunggu dipersembahkan pelajar bagi negeri. Ratusan medali itu hanya perolehan dalam 5 tahun. Lebih dari 20 tahun Indonesia mengikuti olimpiade keilmuan. Sebuah ilustrasi, betapa negeri ini kaya talenta.

Dalam kurun tahun 2010 hingga 2014, para pelajar SD, SMP, dan SMA sederajat mengumpulkan medali-medali itu dari berbagai olimpiade kelas dunia, seperti matematika, ilmu pengetahuan alam, astronomi, kimia, biologi, fisika, dan kebumian. Tepatnya, ada 92 emas, 221 perak, dan 257 perunggu yang diraih. Itu baru menurut catatan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Pencapaian itu belum berhenti. Di Magelang, Jawa Tengah, Joandy Leonata Pratama (17) menambah tumpukan medali. Dia menyumbang emas lewat Olimpiade Astronomi dan Astrofisika Internasional pada 26 Juli hingga 4 Agustus lalu. Dengan nilai tertinggi, melampaui 10 peraih medali emas lainnya, gelar Absolute Winner dan penghargaan Best Observation pun disabet Joandy.

Kebanggaan mengharumkan nama Indonesia juga dirasakan Maria Patricia Inggriani (17). Maria, yang menyumbang medali emas lewat Olimpiade Biologi Internasional di Denmark pada 12-19 Juli 2015, berkata ingin berkontribusi bagi kemajuan Indonesia. Untuk itu, dia melanjutkan studi di Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Haris Iskandar menuturkan, Indonesia menjadi salah satu negara yang diperhitungkan di dunia.

Sementara itu, bagi Direktur Eksekutif Institute for Education Reform Universitas Paramadina Mohammad Abduhzen, prestasi itu tidak mencerminkan kualitas pendidikan Indonesia secara keseluruhan, tetapi menjadi bukti negeri ini sebenarnya penuh talenta. Mereka harus difasilitasi hingga menjadi ahli di bidangnya masing-masing, dan harus ada perencanaan, akan ditempatkan di mana nantinya mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s