KPAI Panggil Pihak SMAN 4

Republika, page 8

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menerima pengaduan dugaan pelanggaran hak anak seorang pelajar yang bersekolah di salah satu SMA di Bandung berinisial DPR. DPR melapor karena mendapat nilai nol pada mata pelajaran matematika yang tercantum di rapor kenaikan kelas.

Komisioner KPAI, Erlinda kepada Republika.co.id, Senin (5/9) mengatakan, saat ini KPAI masih menerima dulu laporan pengaduan dari masyarakat terkait adanya dugaan hak anak yang terlanggar sehingga tidak bisa naik kelas. Pihaknya segera meminta klarifikasi beberapa pihak, seperti Dinas Pendidikan Bandung serta sekolah yang dilaporkan. Selain itu, KPAI juga telah menerima masukan dari Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) atas kasus tersebut.

Erlinda menjelaskan setelah semua keterangan lengkap, KPAI akan melihat sejauh mana persoalan itu bisa diadvokasi. Saat ini, lanjutnya, KPAI sudah mengirimkan surat panggilan pada pihak-pihak terlapor untuk mengklarifikasi laporan DPR.

Menurut Danny, ayah DPR, Kasus itu bermula ketika DPR sakit selama dua minggu dan meminta izin tidak mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia selama empat hari karena harus ikut pelatihan Olimpiade Biologi. Kemudian, guru Bahasa Indonesia tersebut memarahi DPR dan memengaruhi guru lain dan akhirnya mendapatkan nilai nol pada pelajaran matematika. DPR kemudian dinyatakan tidak naik kelas pada Juni 2016, dan saat ini telah pindah ke SMA Islam Terpadu Miftahul Khoir dengan mengulang dari kelas X.

Sementara itu, kepala SMAN 4 membantah tudingan itu dan mengatakan bahwa DPR tidak naik kelas bukan karena mendapat nilai nol pada pelajaran matematika, namun dia memperoleh nilai di bawah standar di empat mata pelajaran. Sedangkan, nilai nol merupakan konsekuensi pembuatan rapor berdasarkan IT, dimana pada bagian halaman rapor memiliki rumus tertentu dengan sistem Microsof Excel. Ketika menggunakan aplikasi IT tersebut yang muncul adalah angka nol, namun sebenarnya adalah angka kosong karena guru yang bersangkutan masih memberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s