Lelang Renovasi 45 Sekolah Gagal

Republika, page 22

Dinas Pendidikan DKI berencana merenovasi 83 sekolah, namun hanya 38 sekolah yang akhirnya akan dijalankan. Sementara lelang renovasi 45 sekolah lainnya gagal akibat perhitungan waktu yang tidak mencukupi.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Sopan Adrianto, Senin (5/9), mengatakan, pengumuman lelang baru keluar pada akhir Agustus lalu. Sehingga hanya memiliki waktu 3,5 bulan sehingga dibatalkan karena tidak mencukupi waktunya.

Selain itu, lanjut Sopan, beberapa lokasi sekolah juga menjadi pertimbangan. Karena akses menuju sekolah yang sempit membuat alat berat tidak bisa masuk. Sehingga semuanya harus dilakukan secara manual dan akan membutuhkan waktu lebih lama lagi.

Sopan menambahkan, anggaran yang telah dialokasikan tahun ini mencapai Rp 1,04 triliun. Namun dengan adanya gagal lelang ini maka hanya terlaksana sebesar Rp 471 miliar. Sementara sisanya sebesar Rp 571 miliar dikembalikan kembali ke kas daerah. Pembatalan pembangunan 45 sekolah ini, juga dikarenakan pihaknya tidak ingin ada lagi sekolah yang mangkrak. Rehab sekolah yang gagal lelang ini akan diajukan lagi pada tahun depan.

Sementara, Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar anggaran renovasi sekolah yang gagal lelang bisa didanai melalui kewajiban pengembang. Hal itu, lanjut Djarot, bisa menjadi perbandingan baik dari segi harga maupun kualitasnya untuk menjadi acuan renovasi sekolah di kemudian hari.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s