Nilai Nol di Rapor Langgar Hak Siswa

www.okezone.com

Baru-baru ini seorang siswi, Dvijatma Puspita Rahmani tidak naik kelas lantaran mendapat nilai nol di rapor untuk mata pelajaran matematika. Padahal, siswi SMAN 4 Bandung ini turut andil dalam olimpiade biologi mewakili sekolahnya. Sekretaris Jenderal Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Retno Listyarti mengungkapkan, perlakuan sekolah kepada Puspita merupakan salah satu bentuk pelanggaran hak siswa Pasalnya, tidak hadirnya Puspita ke sekolah lantaran alasan yang jelas, yakni didiagnosa sakit.

Retno menjelaskan, pelanggaran tersebut dapat dilihat dari beberapa hal. Pertama, guru tidak memahami dan salah tafsir kurikulum 2013 yang mewajibkan memproses dan menganalisis penilaian kepada siswa secara portofolio. Menurutnya, keadaan siswa yang sakit, apalagi menjadi peserta olimpiade biologi seharusnya menjadi indikator adanya fleksibilitas terhadap keterlambatan pengumpulan tugas.

Kedua, kewajiban guru memiliki komptensi dan mampu mewujudkan tujuan pendidikan nasional telah diatur pada Undang-Undang Guru dan Dosen. Sehingga ketidakmampuan guru menjalankan tuntutan kurikulum adalah persolan besar dan serius,” paparnya.

Bentuk pelanggaran hak siswa lainnya dalam kasus Puspita, tutur Retno, yakni tidak memberi kesempatan kepada siswa mengumpulkan tugas secara susulan, sangat berpotensi mematikan kreativitas siswa. Bahkan, kesalahan proses pelayanan dan sistem pengolahan nilai yang berdampak munculnya nilai nol termasuk perbuatan melanggar hukum dan kode etik guru.

Link: http://news.okezone.com/read/2016/09/05/65/1481650/nilai-nol-di-rapor-langgar-hak-siswa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s