Tingkatkan Kuliah Jarak Jauh

Kompas, halaman 12

Universitas Terbuka ditantang untuk menjadi penyedia layanan pendidikan sepanjang hayat yang berkualitas. Kemampuannya menggelar perkuliahan jarak jauh juga membuat universitas milik pemerintah ini diandalkan untuk meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi. Staf Ahli Bidang Akademik Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Paulina Pannen mengatakan, perguruan tinggi jarak jauh akan semakin populer pada saat ini dan pada masa mendatang. Hal itu disampaikan Paulina dalam Acara Puncak Dies Natalis 32 Tahun Universitas Terbuka (UT) di Tangerang Selatan, Senin (5/9).

Dengan terus melakukan inovasi, menurut dia, UT akan mempu memberikan layanan pendidikan yang fleksibel, bahkan bisa menjadi pintu masuk bagi mahasiiswa asing untuk berkuliah di perguruan tinggi di Indonesia. UT adalah satu-satunya perguruan tinggi yang secara penuh melakukan pendidikan jarak jauh (PJJ). Selain UT, ada 16 perguruan tinggi yang juga diizinkan menggelar PJJ, tetapi tidak semua program studi dan mata kuliah di universitas-universitas tersebut yang bisa diberikan lewat jarak jauh.

Rektor UT Tian Belawati mengatakan, sistem PJJ memungkinkan warga negara Indonesia di dalam dan luar negeri (28 negara) mengikuti kuliah tanpa kendala waktu, geografis, ataupun finansial. UT pernah mencapai jumlah mahasiswa terbanyak, sekitar 600.000 orang, ketika pemerintah mewajibkan guru untuk berkualifikasi D-IV/S-1.

Menurut Tian, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam layanan pendidikan terus mengikuti perkembangan teknologi terbaru. Mulai 2017, mahasiswa UT mendapatkan bahan ajar digital secara gratis. Dengan demikian, tidak ada lagi keluhan mengenai keterlambatan bahan ajar/modul tercetak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s