Tunjangan Guru Sedot Rp 56,6 Triliun

Jawa Pos, halaman 12

Dana Alokasi Khusus (DAK) 2017 bidang pendidikan mencapai Rp 116,98 triliun. Dari jumlah itu, pengeluaran terbesar adalah membayar tunjangan profesi guru (TPG) berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Alokasinya mencapai Rp 56,6 triliun, Uang tersebut didistribusikan kepada 1,3 juta guru PNS daerah di seluruh Indonesia. Mengacu pada RAPBN 2017, DAK bidang pendidikan dibagi dalam dua kelompok, yakni, fisik dan nonfisik. Namun, komposisinya sangat tidak berimbang. DAK fisik Rp 8,1 triliun, sedangkan DAK nonfisik Rp 108,8 triliun.

DAK fisik berkaitan dengan pembangunan infrastruktur pendidikan. Namun, nominalnya hanya seperdelapan dari uang tunjangan untuk para guru. Sebaliknya, mayoritas DAK nonfisik yang dinilai jauh lebih besar disalurkan untuk membayar tunjangan guru.

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Sumarna Surapranata mengatakan, alokasi TPG itu masih usulan. Nilainya belum tentu sebesar itu. Alokasi TPG 2017 bisa berkurang jika ada sisa anggaran TPG periode 2016. Ada beberapa faktor yang mengakibatkan uang TPG tahun berjalan tidak terserap sehingga menghasilkan sisa anggaran. Salah satu penyebabnya, ada guru yang pensiun di tengah tahun. Kemudian, ada guru yang dimutasi menjadi pegawai struktural. Juga, guru tidak memenuhi syarat mendapatkan TPG. Misalnya, tidak memenuhi durasi mengajar minimal 24 jam tatap muka per pekan.

Pengamat pendidikan Indra Charismiadji mengkritisi skema pembagian anggaran tersebut. Menurut dia, hal tersebut berkesan menghabiskan anggaran. Buktinya jumlah alokasi untuk TPG dan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) berlipat-lipat dari pembangunan infrastruktur pendidikan. Pengucuran dana TPG pun sampai kini belum menunjukkan hasil maksimal. Indikasinya, nilai uji kompetensi guru masih rendah.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s