Universitas Terbuka Luncurkan Radio dan TV

www.tempo.co

Universitas Terbuka (UT) merupakan penyelenggara pendidikan terbuka dan jarak jauh. Saat ini, terdapat 300 ribu mahasiswa UT yang tersebar hingga pelosok Nusantara. Mahasiswa UT juga ada di 28 negara. Dengan latar belakang yang berbeda, mahasiswa membutuhkan beragam pilihan akses agar kegiatan pembelajaran dapat terus berlangsung di berbagai kondisi.

Dalam perayaan Dies Natalis UT ke-32, Senin, 5 September 2016, Rektor UT Tian Belawati mengatakan, pengembangan kedua media bertujuan untuk mendukung proses kegiatan belajar dan pemantapan penguasaan kompetensi mata kuliah. Karena itu, UT meluncurkan UT-Radio dan UT-TV.

Tian mengatakan, UT-Radio menyajikan siaran tutorial mata kuliah, edukasi umum, diseminasi informasi UT, dan hiburan. Radio tersebut ditransmisikan lewat Internet. Adapun siaran UT-Radio berlangsung 24 jam, yang dapat diakses dengan terlebih dahulu membuka website UT. Tian menambahkan, mahasiswa atau masyarakat umum yang tidak dapat mengikuti siaran sesuai dengan jadwal dapat mengakses ulang melalui fitur podcast. UT-TV berisi program tutorial, praktek, praktikum, pengayaan mata kuliah, serta informasi UT.

Kehadiran UT-Radio dan UT-TV menambah fasilitas dan layanan belajar UT yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Sebelumnya, telah ada beberapa layanan belajar UT berbasis TIK, seperti tutorial online, perpustakaan digital, ruang baca virtual, bahan ajar digital, dry lab, dan pengayaan berbasis online. Selain itu, UT memiliki sumber pembelajaran terbuka (Suaka), atau open educational resources (OER), yang menyediakan materi pembelajaran yang dapat diakses gratis masyarakat luas.

Link: https://www.tempo.co/read/news/2016/09/05/140801838/universitas-terbuka-luncurkan-radio-dan-tv

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s