30 Persen Anak Keluarga Miskin Belum Pernah Duduk di Bangku Sekolah

www.beritasatu.com

Laporan Pemantauan Pendidikan Global atau Global Education Monitoring (GEM) 2016 yang dirilis oleh UNESCO,  mencatat ada 30% anak dari keluarga termiskin di negara berpenghasilan rendah belum “mencicipi” bangku sekolah. Selain itu, 25 juta anak di dunia juga belum mulai menghadiri sekolah dasar (SD). Data lainnya, adalah hanya dua dari 90 negara berpenghasilan rendah dan menengah yang kaum muda miskinnya memperoleh 12 tahun pendidikan. Padahal, pendidikan merupakan solusi dan kunci dari komitmen pemerintah dan masyarakat internasional terhadap Sustainable Development Goal(SDG).

Analis Kebijakan Senior, Laporan GEM UNESCO, Manos Antoninis mengatakan, hasil kajian tersebut, bukan berarti pemerintah tidak melakukan peningkatan akses. Namun, data tersebut merupakan pemetaan gambaran pendidikan dunia 15 tahun terakhir.

Menurutnya, hal ini jadi dorongan, negara bisa melihat pantauan global ini untuk membuat kemajuan, karena tantangan pendidikan pertama adalah kesetaraan. Dalam artian masyarakat ekonomi bawah dapat menikmati pendidikan. Sejauh ini pemerintah Indonesia telah melakukan, namun karena cakupan yang cukup luas maka upaya tersebut harus terus dilakukan. Karena terlihat ketimpangan yang mendalam pada pendidikan di kota dan di pedesaan.

Maka hadirnya laporan ini dikatakannya dapat merekomendasikan hal apa perlu dikembangkan untuk peningkatan akses dan mutu pendidikannya. Lanjut dia, dengan kondisi Indonesia yang masih banyak ketimpangan, ia mengharapkan, Indonesia dapat berinovasi dengan belajar dari negara tetangga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s