Memperkuat Bali Melalui Pendidikan

www.jakartaglobe.beritasatu.com

Dengan persaingan yang ketat di setiap sektornya akhir-akhir ini, Bali harus mempersiapkan masyarakatnya untuk menghadapi tantangan dan  bersaing dengan tren global serta agar masyarakatnya tidak menjadi pengangguran di tanah mereka sendiri. Hal itu diungkapkan Gubernur Bali I Made Mankgu Pastika.

Mangku mengatakan, masyarakat Bali harus memiliki pengetahuan yang baik selain menjadi masyarakat yang bermental tangguh. Dorongan untuk menjamin masyarakat Bali menjadi masyarakat yang tangguh dan berpendidikan merupakan bagian dari “Ajeg Bali” (Memperkuat Bali), yang telah menjadi jargon masyarakat Bali pasca bom Bali pada tahun 2002 silam.

Sementara “ajeg” secara harafiah dapat diartikan sebagai stabil atau kuat, istilah ajeg Bali mengacu pada Bali yang berdiri kokoh. Namun, hal itu juga berarti Bali menjadi lebih tangguh dari ancaman dan pengaruh luar, terutama yang berasal dari dalam Indonesia.

Gubernur mencontohkan sebuah proyek yang dirancang untuk mengembangkan masyarakat Bali, yang salah satunya adalah pembangunan SMA Mandara Bali pada tahun 2011 sebagai dasar untuk memperkuat budaya Bali dan melatih calon pemimpin masa depan. Banyak lulusan dari sekolah tersebut yang terbukti menjadi pemimpin dalam berbagai sektor. Beberapa alumni sekolah juga telah menerima beasiswa dari berbagai universitas di Indonesia dan luar negeri.

Gubernur mengatakan, siswa yang masuk sekolah tersebut tidak perlu menjadi pintar. Sekolah dapat mengembangkan pengetahuan saat mereka sedang berada di sekolah. Tapi mereka harus berlatar belakang keluarga miskin atau kurang mampu. Hal tersebut merupakan persyaratan untuk dapat masuk ke sekolah tersebut. Dia menambahkan bahwa para siswa juga harus menghormati orang tua mereka dan tempat mereka berasal jika mereka ingin masuk ke sekolah tersebut.

Bali Mandara adalah sekolah asrama dimana siswanya tinggal disana dan belajar dari pagi hingga sore hari. Siswa juga di wajibkan untuk mengikuti kelas meditasi yang dilakukan dua kali dalam sehari.

Menurut Mangku Pastika, sekolah Bali Mandara merupakan sekolah bebas biaya dan telah menjadi salah satu dari lembaga pendidikan terkemuka di Indonesia. Sekolah tersebut menempati tingkat kualitas yang sama dengan sekolah-sekolah terkemuka seperti Sekolah Tinggi Semi-Militer Taruna Nusantara di Magelang, Jawa Tengah; Krida Nusantara di Bandung, Jawa Barat dan Soposurung High School, yang terletak di sebuah desa terpencil di Sumatera Utara.

Link: http://jakartaglobe.beritasatu.com/news/strengthening-bali-education/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s