Pemerintah Provinsi Minta Pengembang Swasta Bantu Renovasi Sekolah

The Jakarta Post, halaman 5

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengusulkan agar Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk meminta bantuan pengembang swasta dalam mengambil 45 proyek renovasi bangunan sekolah yang tertunda akibat dari gagalnya proses lelang.

Djarot mengatakan, setelah pertemuan dengan para pejabat pemprov di Balai Kota pada hari Senin lalu, para pengembang swasta harus mengambil alih renovasi bangunan sekolah sebagai bagaian dari pemenuhan kewajiban mereka dalam kaitannya dengan izin mendirikan bangunan komersial mereka. Kewajiban yang sebagaimana tercantum dalam izin mewajibkan para pengembang untuk membangun apartemen murah dan hal itu bisa dialihkan kepada bangunan sekolah. Dia mengatakan renovasi dapat didanai oleh para pengembang, sehingga pemerintah provinsi tidak perlu lagi melakukan proses tender.

Djarot menambahkan bahwa renovasi mendesak dilakukan karena sebagaian besar bangunan tidak lagi sesuai untuk melangsungkan kegiatan sekolah. Memberikan proyek kepada pengembang menjadi kebiasaan baru dari pemerintah kota untuk mempercepat pembangunan infrastruktur kota.

Djarot mengatakan dirinya percaya bahwa mengizinkan para pengembang melaksanakan renovasi akan lebih murah dan lebih cepat. Dia menggunakan contoh dari apartement murah di Rawa Bebek, Jakarta Timur, yang pengembangnya diambil alih oleh para pengembang swasta untuk memenuhi kewajiban izinnya. Djarot menambahkan pembangunan dilakukan dengan cepat dan baik. Djarot mengatakan bahwa pemerintah kadang-kadang menghabiskan banyak dana untuk hasil yang biasa-biasa saja dan tidak efisien. Banyak juga proses pembangunan [tata kelola kota] yang juga mengalami penundaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s