Perbaiki Pendidikan

Kompas, halaman 12

Pendidikan dapat menjadi kekuatan atau agen perubahan yang mendorong tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan 2030. Untuk itu, diperlukan pendidikan yang mampu mendorong perubahan sosial, ekonomi, dan lingkungan demi masa depan berkelanjutan. Hal itu mengemuka dalam peluncuran Laporan Pemantauan pendidikan Global (Global Education Monitoring/GEM) Report UNESCO 2016 yang berjudul Pendidikan bagi Manusia dan Bumi: Menciptakan Masa Depan Berkelanjutan untuk Semua.

Menurut Analis Kebijakan Senior GEM Report UNESCO Manos Antoninis, laporan ini membantu negara dan masyarakat internasional untuk mendapatkan pemetaan sehingga memahami kemajuan dalam proses pencapaian SDGs. Masih banyak tantangan untuk mewujudkan SDGs di bidang pendidikan, dimana fokusnya adalah memastikan pendidikan inklusif dan setara yang berkualitas serta mempromosikan pendidikan seumur hidup bagi warga.

Ia menilai, Indonesia cukup proaktif memberikan laporan rinci bidang pendidikan. Indonesia terlihat sudah berada di jalan yang tepat meskipun tetap harus melakukan terobosan, peningkatan, serta percepatan. Pendidikan universal 9 tahun sudah berjalan dan semakin banyak anak yang selesai hingga pendidikan menengah.

Direktur dan Perwakilan UNESCO Jakarta, Shahbaz Khan menilai, sejumlah kebijaka pendidikan di Indonesia semakin membaik dan berhak mendapatkan pengakuan. Tingkat literasi warga usia 15-24 tahun pada tahun lalu sudah mencapai sekitar 99 persen. Adapun akses ke pendidikan anak usia dini juga meningkat. Penguatan layanan pendidikan yang berkualitas di daerah terpencil juga sudah mulai dilakukan. Namun, Indonesia tetap perlu bertransformasi, termasuk memperkuat pendidikan vokasi serta meningkatkan mobilitas profesional di ASEAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s