UI Naik ke Peringkat Ke-325 Dunia

Media Indonesia, halaman 12

Peringkat Universitas Indonesia (UI) di level dunia melesat ke posisi 325, atau naik sebanyak 33 poin dari peringkat sebelumnya pada 2015. Pemeringkatan dilakukan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2016/2017 terhadap 916 perguruan tinggi di 81 negara di dunia yang dirilis, kemarin.

Dari publikasi tahunan QS University Ranking, UI berhasil mempertahankan posisi mereka sebagai universitas terbaik di Indonesia selama lima tahun berturut-turut. QS University Ranking merupakan pemeringkatan resmi yang dijadikan acuan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi untuk mengukur kualitas kelembagaan perguruan tinggi menuju kelas dunia.

Rektor UI Muhammad Anis mengatakan prestasi itu tidak terlepas dari upaya sivitas akademika dalam mengembangkan budaya riset dan inovasi serta meningkatkan publikasi jurnal ilmiah internasional.

Penilaian oleh tim QS, UI memiliki sejumlah keunggalan pada reputasi lulusannya dan sistem akademik. Indikator lain ialah peningkatan signifikan pada publikasi prosiding internasional terindeks Scopus serta kebijakan dan upata internasionalisasi komunitas mahasiswa maupun dosen.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s