UNESCO: Komitmen Global untuk Pendidikan Rendah

Koran Sindo, halaman 2

Asisten Direktur Jenderal untuk Pendidikan UNESCO Qian Tang mengatakan, Global Education Monitoring (GEM) UNESCO 2016 yang baru saja diluncurkan di Jakarta tersebut harus menjadi alarm pengingat. Pencapaian komitmen pendidikan global memerlukan upaya lebih untuk lepas dari tren sebelumnya. Pendidikan harus menjadi agen perubahan untuk mencapai agenda 2030.

Laporan GEM menunjukan tren saat ini bahwa pendidikan dasar universal hanya akan dicapai pada 2045, pendidikan SMP pada 2059, dan SMA pada 2084. Tren ini menunjukkan bahwa dunia terlambat setengah abad dari tenggat waktu pencapaian SDG 2030. Masalah yang melingkupi ialah kurangnya pembiayaan untuk pendidikan menghambat kemajuan pendidikan itu secara kronis.

Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ananto Kusuma Seta menyatakan, partisipasi Indonesia pada pendidikan di tingkat SMP dan SMA baru 76%. Menurut dia, pemerintah Indonesia sendiri sudah mempunyai kebijakan dalam mengatasi masalah pendidikan dengan Wajib Belajar 12 Tahun. Lalu ada pula progra, untuk peningkatan akses melalui Kartu Indonesia Pintar dan juga fokus pembangunan sekolah di kawasan 3T berikut juga persiapan tenaga pengajar melalui Guru Garis Depan dan Sarjana Mengajar di Kawasan 3T.

Mendikbud Muhadjir Effendy menambahkan, pemerintah juga berkomitmen merevolusi karakter bangsa melalui kebijakan restrukturisasi kurikulum pendidikan nasional untuk menjamin kualifikasi dan kesejahteraa guru. Data GEM menunjukkan APK pendidikan dasar di Indonesia sejak tahun 2000 tetap di atas 100%. Sementara angka putus sekolah dasar menurun dari 2,62% di tahun 2000 menjadi 0,26% di tahun 2015.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s