UT Didorong Miliki Prodi Internasional

Republika, halaman 4

Universitas Terbuka (UT) mendapat sertifikat internasional International Council for Open and Distance Education (ICDE) yang ketiga kalinya. Sertifikat itu merupakan bukti UT menjadi lembaga pendidikan terbuka dan jarak jauh yang berkualitas. Dirjen Pembelajaran Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Intan Ahmad meminta UT selalu berkolaborasi dan berkoordinasi dengan perguruan tinggi lain untuk mencoba melakukan penyeimbangan kualitas perguruan tinggi. Jangan sampai disapritas kualitas tak terpecahkan.

Intan menyebut, dengan akreditasi itu, UT sudah membuktikan kualitas pendidikannya dibandingkan perguruan tinggi tatap muka yang belum mendapat akreditasi A. Ia menilai, upaya peningkatan mutu harus dilakukan secara berkesinambungan. Tanggung jawan mutu pendidikan tinggi tidak sepenuhnya ada di tangan pemerintah, tapi ada di program studi dan perguruan tinggi. Dengan begitu Kemenristek Dikti mendorong UT memproduksi berbagai program studi dan prestasi internasional lainnya.

Rektor UT Tian Belawati mengaku, perbaikan kualitas akademik terus dilakukan UT menginjak usianya yang keempat windu. UT kini memiliki 35 program studi yang telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Empat program studi bahkan telah mengantongi akreditasi dengan nilai A dari BAN-PT, yaitu program strata satu untuk ilmu administrasi, ilmu administrasi bisnis, manajemen, dan sosiologi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s