Kalla Setuju Asrama Guru Dibangun

Media Indonesia, halaman  14

Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla memberikan persetujuan pembangunan asrama di lembaga pendidikan guru negeri agar program pendidikan bagi para tenaga pendidik tersebut lebih terarah.

Wapres, dalam sesi tanya jawab dengan Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Negeri (ALPTKN) di Istana Wapres di Jakarta, Rabu (7/9) mengatakan, ia akan memanggil Menteri PU dan Menteri Pendidikan jika ada pihak yang memiliki dan menyiapkan lahan untuk pembangunan asrama tersebut.

Dalam sesi tanya jawab yang dipandu Ketua ALPTKN sekaligus Rektor Universitas Negeri Jakarta Prof Dr H Djaali itu, setidaknya dua rektor meminta tanggapan Wapres soal lembaga pendidikan guru berasrama. Karena, bukan perkara mudah jika semua mahasiswa diasramakan.

Meskipun demikian, Wapres memberikan solusi bahwa sistem asrama tidak bisa diterapkan selama mahasiswa ditempa menjadi tenaga pendidik. Ia mengatakan, mereka hanya diasramakan pada tahun terakhir, dan ditujukan terlebih dahulu setidaknya untuk 1.000 mahasiswa.

Wapres juga meminta, nantinya di dalam asrama ada sistem pengasuhan untuk membiasakan para mahasiswa terbiasa disiplin. Ia juga mengingatkan para rektor lembaga pendidikan calon guru itu untuk selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan anak didiknya.

Wapres menjelaskan, sistem pendidikan di Indonesia tertinggal terus dengan Singapura dan Malaysia. Untuk soal ujian Matematika saja, ternyata Indonesia tertinggal tiga tahun dengan Singapura, dan dua tahun dengan Malaysia. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional harus diawali dengan peningkatan mutu pendidikan guru dan terus meng-‘upgrade’ ilmu guru.

Sementara itu, dalam kesempatan tersebut Djaali melaporkan bahwa lulusan lembaga pendidikan keguruan negeri yang memenuhi syarat menjadi guru sangat terbatas. Lulusan yang memenuhi syarat hanya 12.000 orang, sedangkan kebutuhan guru 300.000 per tahun.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s