Minim Penelitian, Tunjangan Profesor Bakal Dipotong

Koran Sindo, halaman 5

Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) mengingatkan para profesor atau guru besar agar memperbanyak penelitian. Pemerintah akan mengurangi tunjangan guru besar apabila tidak produktif.

Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan, Kemenristekdikti, Muhammad Dimyati mengatakan, kebijakan itu akan diberlakukan mulai tahun 2017 atau 2018. Profesor sudah seharusnya memberi contoh dan menjadi inisiator peneliti. Jadi, sangat wajar diberi sanksi kalau tidak meneliti. Profesor juga terancam tidak naik pangkat apabila dalam setahun tidak menghasilkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal bertaraf nasional dan internasional.

Menurut dia, terdapat beberapa faktor penyebab dosen minim meneliti, antara lain dosen tidak punya niat meneliti, tidak memiliki anggaran, dan malas akibat pertanggungjawaban administrasi lebih ribet dari urusan penelitiannya.

Pengamat pendidikan Syaiful Sagala menilai, kebijakan yang akan diberlakukan Kemenristekdikti tersebut baik. Namun, persoalannya selama ini adalah penelitian membutuhkan biaya besar. Oleh karena itu, dia meminta pemerintah tidak sekedar memberi sanksi, tapi diberikan dukungan dalam bentuk anggaran.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s