Unesco: Standar Pendidikan Indonesia Naik

www.jakartaglobe.beritasatu.com

Laporan Pemantauan Pendidikan Global (GEM Report) UNESCO 2016, resmi diluncurkan, di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta, Selasa (6/9). Jakarta terpilih oleh Unesco untuk mewakili Asia Pasifik menjadi tempat peluncuran resmi Laporan GEM 2016 selain London (UK), Kigali (Rwanda), dan Medellin (Kolumbia).

Laporan berjudul “Education for People and Planet: Creating Sustainable Futures for All” adalah publikasi pertama dalam agenda 2030 pembangunan berkelanjutan PPB. Laporan ini mencakup isu-isu seperti kurangnya pendidikan lingkungan dan pendidikan inklusi.

Asisten Direktur Jenderal untuk Pendidikan UNESCO, Qian Tang, mengatakan, laporan pertama GEM tersebut seharusnya menjadi seruan bahwa kita membutuhkan pendidikan yang baik untuk membuat perubahan transformasional yang dituntut dalam agenda 2030 PBB. Menurut Tang, negara-negara anggota PBB harus memiliki standar pendidikan. Dia mengatakan, tantangan terbesar bagi Indonesia untuk mencapai pemerataan pendidikan adalah kurangnya akses ke daerah-daerah terpencil.

Manos Antoninis, senior policy analyst untuk laporan GEM, mengatakan,  Indonesia membutuhkan pembiayaan pendidikan yang memadai dan pemantauan guna dapat mencapai agenda 2030 PBB, terlebih metode pembiayaan di Indonesia berbeda di tiap-tiap provinsi.

Direktur dan Perwakilan UNESCO Jakarta, Shahbaz Khan, menghubungkan pertumbuhan anggaran pendidikan nasional dengan pemotongan subsidi BBM dari pemerintah. Ia percaya dengan anggaran yang lebih besar pemerintah akan dapat meningkatkan keterampilan guru.

Khan mengungkapkan tingkat melek huruf di Indonesia telah naik hingga 99,7 persen pada 2015, meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 98,7 persen. Hal itu memberikan harapan  bagi masa depan pendidikan di Tanah Air. Dia juga menyatakan rencana Unesco untuk menggarap pendidikan inklusi di Indonesia, khususnya di daerah pedesaan dan untuk para penyandang disabilitas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s