Bantuan Tidak Memadai

Kompas, halaman 11

Program bantuan pendanaan pendidikan bantuan operasional sekolah (BOS) dan Kartu Indonesia Pintar (KIP) belum mampu mengatasi problem banyaknya siswa putus sekolah. Persoalan ekonomi kerap kali membuat siswa tidak memiliki pilihan selain bekerja. Selama ini, BOS dan KIP hanya melayani pendidikan, sedangkan kebutuhan keluarga tidak disentuh. Anak akhirnya harus bekerja demi membantu keluarga. Hal tersebut tidak bisa dijawab dengan program yang sudah ada. Demikian pandangan Perencana Pendidikan Bappenas Amich Alhumami.

Faktor geografis dinilai juga menyebabkan bertambahnya tingkat kesulitan untuk mengakses pendidikan. Dengan kata lain, faktor geografis, menurut Amich merupakan salah satu penyebab banyaknya anak putus sekolah. Ada cukup banyak siswa yang harus melewati perjalanan jauh untuk bersekolah karena di daerahnya tidak tersedia SMP. Mengatasi hal ini, pemerintah mengembangkan sekolah satu atap di daerah terdepan, terluar, tertinggal (3T). Sekolah satu atap membuat siswa tak perlu pindah sekolah ketika lulus SD dan akan melanjutkan ke SMP.

Namun, menurut Amich, baru sebagian daerah teridentifikasi, yakni Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Papua, dan Papua Barat. Pemerintah akan terus mengidentifikasi daerah yang belum memiliki sekolah satu atap. Masalah lain adalah sedikitnya guru yang mau tinggal di daerah 3T. Jumlah guru yang sedikit membuat siswa tidak terurus di kelas. Orangtua akhirnya memilih untuk menyuruh anak bekerja ketimbang pergi ke sekolah.

Amich menambahkan, persoalan begitu banyaknya anak yang putus sekolah harus segera diatasi. Berbagai macam implikasi bisa terjadi pada anak yang putus sekolah, yakni terjebak dalam perdagangan anak, eksploitasi pekerja anak, dan prostitusi. Dalam hal ini, Amich mengingatkan pentingnya peran LSM yang menghimpun anak-anak jalanan untuk kembali belajar. Bappenas rutin berkomunikasi dengan LSM-LSM yang mampu membina anak jalanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s