Libatkan Masyarakat dan Keluarga

Kompas, halaman 12

Pendidikan karakter membutuhkan adanya pendidikan keluarga dan masyarakat yang terstandardisasi. Dengan demikian, pendidikan karakter tidak hanya terpusat di sekolah, tetapi juga terjadi di keluarga dan lingkungan sekitar. Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia Susanto mengatakan, kalau pendidikan karakter hanya diterapkan di sekolah, siswa akan berkepribadian ganda, yaitu taat aturan di sekolah, tetapi sering melanggar peraturan ketika berada di luar sekolah.

Susanto juga menyinggung konsep full-day school dalam kaitannya dengan pendidikan karakter. Menurut dia, patut dipertimbangkan mengubah konsep itu menjadi full-day learning. Tempatnya tidak di sekolah, tetapi di rumah dan lingkungan. Adapun yang berindak menjadi pendidik adalah orangtua serta masyarakat sekitar. Semangat dari konsep tersebut ialah seseorang akan terus belajar di dalam kehidupan. Bagi siswa, pendidikan tidak hanya akademis, tetapi juga mengolah perkembangan karakter pribadi serta karakter sosial.

Pakar pendidikan kebangsaan Universitas Paramadina, Yudi Latif mengatakan, pendidikan karakter sosial masih jarang disentuh di rumah ataupun di sekolah. Padahal, di dalam membentuk masyarakat yang baik, diperlukan tatanan sosial yang mumpuni. Tatanan sosial memegang peranan penting karena pribadi yang negatif bisa berubah menjadi positif apabila ditempatkan di tengah lingkungan yang terstruktur.

Adapun, Sekretaris Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat M Abduhzen mengingatkan pentingnya keteladanan dari negara. Wujudnya antara lain berupa penegakan dan penerapa aturan secara bijaksana, transparansi anggaran, membuat kebijakan yang rasional, memberi layanan yang cepat dan tepat, serta perilaku aparat pemerintahan yang positif. Tindakan seperti itu memberi semacam standar bagi pendidikan masyarakat karena layanan negara harus terasa dari kota hingga desa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s