Presiden Jokowi Dorong Hubungan Lebih Erat Asean dan Jepang

www.jakartaglobe.beritasatu.com

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan, negara-negara Asean harus memperkuat kemitraan dengan Jepang sebagai mitra kawasan. Hal itu diungkapkan Jokowi dalam KTT Asean-Jepang ke-19 di National Convention Center, Vientiane, Laos, Rabu (09/07).

Presiden Jokowi mengatakan bahwa selama lebih dari empat puluh tahun persahabatan Asean-Jepang telah terjalin kokoh dan dan memberikan kontribusi bagi perdamaian, stabilitas kawasan dan bagi pencapaian kesejahteraan bersama. Jokowi berpendapat, persahabatan  yang telah terjalin tersebut telah membantu Asean dalam membangun kawasan dan memberikan manfaat yang nyata kepada rakyatnya., menurut Jokowi, telah membantu Asean mengembangkan wilayah dan memberikan manfaat nyata kepada rakyatnya. Jokowi menyarankan agar jalinan kerjasama dengan Jepang difokuskan pada kerjasama maritim dan sumber  daya manusia.

Dia menambahkan, Asean dan Jepang terubung oleh lautan strategis yang bernilai ekonomi tinggi. Oleh karena itu, penguatan konektivitas maritim di kawasan akan menciptakan kawasan yang lebih terintegrasi, serta menciptakan situasi yang lebih baik bagi pertumbuhan ekonomi. ASEAN juga harus bekerja sama dengan Jepang dalam meningkatkan kualitas pendidikan, termasuk studi bidang kejuruan, pelatihan teknik, manajemen bisnis dan program pertukaran pemuda dan pelajar.

Setelah KTT Asean-Jepang, Menlu Retno mengungkapkan, Jokowi terkesan dengan kemajuan program JENESYS 2.0, yaitu program jaringan pertukaran pemuda dan pelajar Jepang-Asean yang kedua, yang diluncurkan pada April 2005. Pada 2016, sebanyak 250 pelajar dari Indonesia akan berpartisipasi  dalam program itu.

Jenesys adalah program pertukaran  penduduk yang dirancang untuk membangun dasar bagi persahabatan dan mendorong rasa saling percaya dan pengertian di antara penduduk Jepang dan penduduk di kawasan Asia Pasifik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s