Sekolah Akan Dibatasi Lima Hari

Koran Sindo, halaman 2

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, seusai dialog pendidikan “Peran Strategis Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Generasi Emas Indonesia” di Gedung Guru Indonesia, Jakarta, kemarin (08/09), mengatakan, Kemendikbud tengah melakukan kajian aspek legal yang menjadi dasar hari Sabtu sebagai hari libur nasional bagi peserta didik dari tingkat dasar hingga menengah.

Hal itu dimaksudkan, lanjut Muhadjir, agar tingkat interaksi siswa dengan orangtua mereka bisa lebih terjalin dengan baik karena Sabtu bisa dijadikan hari keluarga. Dengan libur dua hari, lanjut Muhadjir, siswa dan orangtua dapat mengadakan kegiatan produktif, semisal berekreasi bersama atau berkunjung ke kerabat di luar kota.

Namun demikian, Muhadjir menjelaskan, ada konsekuensi penerapan sekolah lima hari, yaitu bertambahnya waktu belajar di sekolah. Diupayakan, perpanjangan masa belajar itu bisa diisi dengan kegiatan yang menyenangkan untuk pengembangan minat dan bakat siswa.

Ketua Umum PB Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rasyidi menyambut baik kebijakan belajar lima hari tersebut. Bagi guru, hal itu sangat baik karena disamping memiliki waktu lebih bersama keluarga, juga tersedia kesempatan untuk melakukan pengembangan diri demi meningkatkan kemampuan profesionalnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s