Doktor Didorong Menjadi Guru Besar

Kompas, halaman 11

Indonesia membutuhkan sedikitnya 22.000 guru besar. Akan tetapi, jumlah yang ada sekarang baru mencapai seperempatnya. Dibutuhkan berbagai upaya untuk memotivasi dosen-dosen yang sudah bergelar doktor ataupun yang mengajar lebih dari sepuluh tahun untuk menempuh prosedur menjadi guru besar. Direktur Jenderal Sumber Daya Iptek dan Pendidikan Tinggi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Ali Ghufron Mukti menyebutkan, salah satu persyaratan akreditasi perguruan tinggi adalah setiap prodi memiliki minimal satu guru besar.

Data Kemristek dan Dikti per Janurari 2016 menunjukkan, ada 5.889 guru besar se-Indonesia. Mereka terdiri dari 5.094 guru besar di perguruan tinggi negeri dan 795 orang di PT swasta. Angka tersebut menunjukkan pertambahan jumlah. Sebab, pada Oktober 2015 jumlah guru besar hanya 4.710 orang.

Ghufron menuturkan, pada Juli 2015, Kemristek dan Dikti mencanangkan percepatan proses pengangkatan guru besar dengan memakai sistem daring. Sebelumnya, dosen yang mengajukan diri menjadi guru besar harus mengumpulkan berbagai berkas persyaratan. Melalui sistem daring, calon guru besar cukup memotret atau memindai berkas yang dibutuhkan, lalu diunggah ke situs Kemristek dan Dikti. Dalam dua bulan, jawaban akan diberikan mengenai diterima tidaknya berkas pelamar tersebut.

Sementara itu, Rektor Universitas Negeri Surabaya Warsono mengatakan, pihaknya tertolong percepatan proses guru besar oleh pemerintah. Akan tetapi, menjadi guru besar harus dimulai dari keinginan tiap-tiap individu. Pihaknya memotivasi agar 234 dosen bergelar doktor mau menjadi guru besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s