Tim Mahasiswa Universitas Brawijaya Daur Ulang Minyak Jelantah

www.tempo.co

Tim mahasiswa Universitas Brawijaya telah berhasil mendaur ulang minyak jelantah menjadi minyak goreng yang layak untuk dikonsumsi lagi. Tim terdiri dari mahasiswa teknik mesin Indra Barani, Gara Putra dan mahasiswa teknik Kimia terdiri dari Sofia Afifah A, Yuyun Drupadi A.A., Mohammad Rizal Fauzi, dan Neila Nabilah. Mereka telah menciptakan alat bernama Zuvier Purify Oil Filter untuk menyaring minyak jelantah.

Dibimbing dosen Fakultas Teknik Bambang Poerwadi, para mahasiswa melakukan penelitian dan menciptakan alat yang dapat mengubah minyah jelantah menjadi minyak goreng layak konsumsi tersebut.

Sofia mengatakan, penelitian itu dibagi dalam dua tahap pengerjaan sesuai kompetensi mahasiswa. Mahasiswa teknik kimia membuat riset mengenai komposisi dan kelayakan minyak jelantah, sedangkan mahasiswa teknik mesin mendesain dan memprogram alatnya.

Berdasarkan uji hasil di laboratorium Fakultas Pertanian, minyak hasil penyaringannya telah memenuhi kualitas standar nasional Indonesia (SNI).

Inovasi tim mahasiswa Universitas Brawijaya Malang ini mendapat penghargaan medali emas dalam The 3rd International Young Inventors Award (IYIA), yang diselenggarakan Indonesian Invention and Innovation Promotion Association (INNOPA) di Surabaya.

Kompetisi IYIA diikuti 100 tim terdiri dari berbagai negara, diantaranya Malaysia, Thailand, Philipina, Taiwan, Korea Selatan, Cina, Mesir, Yordania, Syria, Romania, Rusia, Kroasia, Amerika, dan Kanada.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s