Cara Pemerintah Bangka Barat Tingkatkan Minat Baca

www.okezone.com

Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terus mendorong minat baca untuk memperluas wawasan masyarakat setempat. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan mengadakan berbagai perlombaan.

Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Rino Rizandi mengatakan, berbagai lomba yang ada kaitannya dengan membaca sedang kami gelar untuk masyarakat Bangka Barat, mulai dari tingkat usia dini hingga umum. Melalui aneka lomba tersebut, Rino berharap mampu meningkatkan minat membaca berbagai bahan bacaan.

Menurut dia, pada era ini masyarakat perlu disadarkan untuk terus menambah pengetahuan dan wawasan dari berbagai macam buku bacaan agar tidak tertinggal dari bangsa lain. Sejumlah lomba yang digelar, seperti lomba sinopsis, story telling, duta baca, stand up comedy, mewarnai, dan lomba menulis cerita rakyat. Selain melalui lomba, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bangka Barat untuk mendorong minat baca kalangan pelajar, yaitu dengan gerakan 15 menit baca buku setiap hari.

Koordinasi dengan instansi terkait dilakukan guna meningkatkan jumlah kunjungan ke perpustakaan daerah secara teratur untuk seluruh siswa dari setiap sekolah di daerah itu. Menurut Rino, setiap hari selalu ada kunjungan dari pelajar lokal ke perpustakaan daerah. Pihaknya berharap pola tersebut terus dikembangkan sehingga pelajar makin berminat mengunjungi perpustakaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s