Kemendagri Gandeng Universitas dan Microsoft Bangun Kota Cerdas

www.antaranews.com

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan berkolaborasi dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Microsoft untuk menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk membangun sebuah kota cerdas di Indonesia.

Kerjasama tersebut dibangun melalui nota kesepahaman (MoU) antara Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Wakil Rektor UGM, Paripurna Sugarda, dan Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro.

Menurut Tjahjo, konsep kota cerdas harus dikembangkan guna memberikan pelayanan yang cepat, transparan dan lebih baik bagi semua lapisan masyarakat. Ide pembangunan kota cerdas berbasis TIK tersebut diperlukan dalam menghadapi kompetisi global. Kemendagri berharap pada pertengahan 2017, semua pemerintah daerah sudah menerapkan konsep kota cerdas tersebut.

Tjahjo mencatat dari 538 kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia, hingga saat ini belum ada satu pun yang telah menerapkan sistem kota cerdas secara optimal. Namun, beberapa kota seperti Jakarta, Bandung (Jawa Barat) dan Surabaya (Jawa Timur) telah menjadi acuan bagi daerah lain untuk menerapkan konsep kota pintar tersebut.

Menurut Tjahjo, melalui konsep kota cerdas ini, akan memberikan keleluasaan bagi seluruh lapisan masyarakat ikut berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan  diantaranya perencanaan anggaran, perencanaan pembangunan, hingga penyusunan Undang-Undang dan peraturan daerah (perda). Konsep ini juga memfasilitasi pemerintah, akademisi, bisnis dan masyarakat untuk menjamin sinergi dan bekerja sama guna mencapai pembangunan daerah dan nasional.

Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro, menyatakan bahwa kerjasama tersebut sejalan dengan misi perusahaan untuk memberdayakan masyarakat. Menurut Andreas, penerapan konsep kota cerdas tersebut membawa standar internasional ISO 180.021, meliputi manajemen pemerintahan, sosial dan lingkungan.

Presiden Direktur PT Microsoft Indonesia Andreas Diantoro mengatakan kerja sama itu sesuai dengan misi perusahaan untuk memajukan dan memberdayakan masyarakat. Dalam penerapannya, konsep pembangunan kota cerdas telah memiliki ketentuan sesuai standar internasional ISO 180021 yang meliputi pengelolaan pemerintahan, sosial, dan lingkungan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s