Kepedulian Keluarga dan Masyarakat Tumbuh

Kompas, halaman 12

Peran serta masyarakat untuk memajukan pendidikan di sekolah dan luar sekolah dibutuhkan pemerintah. Hal ini karena masih banyak kebutuhan dan persoalan pendidikan yang belum sepenuhnya mampu diatasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mendikbud Muhadjir Effendy memandang masyarakat dan keluarga menjadi hal yang penting.

Oleh karena itu, dalam keterbatasan Kemdikbud untuk mencakup semua hal terkait pendidikan ia sangat mengapresiasi kepedulian dan peran serta berbagai pihak. Hal itu disampaikan Muhadjir dalam pertemuan dengan berbagai individu dan komunitas pemerhati pendidikan yang tergabung dalam WOW Save Indonesia, Selasa (13/9).

Berbagai kalangan, seperti pemerhati dan aktivis perlindungan anak, psikolog, pegiat pendidikan, akademisi, produser film, dan media massa bergabung dalam WOW Save Indonesia. Memanfaatkan media sosial, pemikiran-pemikiran, gagasan, dan kegiatan untuk memajukan pendidikan dan perlindungan anak didiskusikan dan diperjuangkan bersama, termasuk lewat audiensi dengan Mendikbud. Berbagai kepedulian dalam pendidikan dan persoalan anak terus dilakukan berbagai pihak dengan semangat kerelawanan.

Pendidikan dimaknai secara luas, mulai dari terus menyuarakan pendidikan yang berpusat pada anak, mewujudkan kebudayaan dalam pendidikan, hingga mengembangkan lagu-lagu anak yang sarat edukasi, serta film-film anak dan keluarga bertema pendidikan dan inspirasi. Muhadjir mencontohkan pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak misalnya, lebih banyak mengandalkan peran keluarga serta masyarakat. Jumlah taman kanak-kanak milik pemerintah hanya 470 institusi. Penguatan pendidikan keluarga yang penting juga belum optimal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s