Mendikbud Minta Saran Praktisi Pendidikan

www.republika.co.id

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bertemu dengan sejumlah praktisi pendidikan Indonesia. Mereka memberi masukan dan pandangan tentang pendidikan Indonesia agar lebih berkualitas. Ketua Umum Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi menjelaskan, diskusi ini merupakan bentuk komunikasi dengan orang-orang pemegang kekuasaan pendidikan di Indonesia. Berbagai masukan dalam diskusi membuat bagaimana pemerintah bisa menjalankan kebijakan dengan lebih tepat soal pendidikan.

Ia sepakat dengan saran salah satu narasumber yang hadir yakni motivator Tung Desem Waringin yang memberikan masukan tentang mengajarkan cara belajar pada anak, cara mengelola keuangan dan sebagainya. Selain itu, selama ini menurut Seto, pelajar selalu dididik menguasai matematika, namun tidak pernah diajarkan cara menerapkannya dalam kehidupan.

Kemudian, ia melanjutkan, yang tidak kalah penting yakni, terkait kreativitas. Selama ini, menurutnya, anak-anak hanya diajarkan bagaimana mencari informasi tentang kreativitas. Namun, sedikit sekali ruang untuk mencipta dan berinovasi.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy mempersilahkan siapapun untuk memberikan masukan untuk memajukan pendidikan di Indonesia. Ia sadar, pendidikan di Indonesia merupakan hajat hidup orang banyak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s