Bahas Pendidikan Karakter, Mendikbud Undang 20 Sekolah

www.republika.co.id

Menteri Pendidikan dan Kebudayaaan, Muhajir Effendy mengundang 20 sekolah dasar dan menengah pertama di seluruh Indonesia untuk hadir dan memberikan masukan dalam rangka percepatan persiapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di Jakarta, Rabu (14/9). Menteri berharap akan ada banyak masukan dari berbagai sekolah.

Menteri mengungkap, yang terpenting dari pendidikan karakter membutuhkan peran guru, kepala sekolah, dan komite sekolah. Peran guru menjadi penting karena kalau karakter guru baik maka anak didik menjadi baik. Juga kepala sekolah dituntut untuk menjadi manajer bukan lebih banyak menghabiskan waktu mengajar. Sementara, sekolah berkarakter itu harus memiliki nilai budaya yang luas. Dimana sekolah tersebut mampu memanfaatkan lingkungan di sekolah untuk menjadi sumber belajar.

Jamaludin, Kepala Sekolah SDT Bina Ilmu, mengungkap, mau tidak mau harus diterapkan di sekolah, khususnya sekolah dasar. Pendidikan karakter dapat dimulai dari yang sederhana yaitu bagaimana hidup bersih. Kemudian shalat berjamaah, ataupun antri di kantin. Contoh tersebut, lanjutnya, diharapkan akan membentuk karakter anak yang memiliki akidah dan akhlak, disiplin, dan prestasi yang baik dikemudian hari.Jadi bukan dari sisi akademis saja tapi lebih kepada budi pekerti.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s