Mampukah Indonesia Pertahankan Predikat Smilling Islam?

www.republika.co.id

Indonesia memang merupakan bangsa yang terdiri dari berbagai ras, suku dan agama. Bahkan, sebagai negara berpopulasi Islam terbesar di dunia, Muslim Indonesia mampu menerapkan toleransi hidup yang tinggi. Kepala Badan Penelitian, Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Agama, Abdul Rahman Mas’ud mengatakan, Indonesia memang sempat ditimpa sejumlah masalah yang mengusik kerukunan umat beragama. Dia merasa, toleransi, kerja sama, dan kesetaraan umat beragama di Indonesia, terus mendapat tantangan, setidaknya selama lima tahun terakhir.

Walau memiliki banyak kearifan lokal yang menjadi modal penting kerukunan, namun Adul menganggap Indonesia masih belum mampu menyelesaikan masalah kerukunan umat beragama yang ada. Karenanya, timbul pertanyaan yang cukup meresahkan, terutama masihkan Indonesia mampu mempertahankan predikat Islam yang ramah.

Ia menuturkan, banyak timbul keresahan dan pertanyaan, Indonesia masihkah menjadi smilling Islam. Hal itu disampaikan Mas’ud saat menjadi pembicara di Kopi Darat Analytical and Capacity Development Partnership (ACDP), Rabu (14/9).
Untuk itu, dia menegaskan, salah satu langkah memperkuat predikat Islam yang ramah di Indonesia, bisa dilakukan dengan standarisasi dai-dai. Mas’ud mengingatkan, etika dakwah yang dikeluarkan pada 1979 seta keputusan Menag dan Mendagri tahun 1981 tentang dasar dakwah berupa kerukunan, ternyata masih banyak diacuhkan.

Terkait pengajaran, Direktur Eksekutif Abdurrahman Wahid Center Universitas Indonesia Ahmad Suaeby menyarankan, agar lembaga pendidikan harus mengikuti kreasi yang ada di masyarakat. Menurut Suaeby, kepergian Gus Dur bisa jadi contoh, yang bahkan haulnya masih didatangi semua umat beragama untuk berdoa bersama. Kalau kultur itu bisa diterapkan, tentu kita bisa memperkuat face of religious movement di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s