Kekurangan Guru jadi Masalah Serius di Daerah Pedalaman Sulawesi

The Jakarta post, halaman 5

Banyak sekolah di daerah pedalaman Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, masih kekurangan guru. Bahkan, tugas mengajar di beberapa sekolah dilakukan oleh kepala sekolah.

Kepala UPTD Dikpora Kecamatan Lindu, Maklon, mengatakan, kekurangan guru tersebut terdapat di sejumlah sekolah, di antaranya dua Madrasah Ibtidaiyah (MI), tiga sekolah di bawah Yayasan Bala Keselamatan, dua SMP, 10 SDN dan satu SMA.

Menurut Maklon, yang lebih memprihatinkan lagi, sejumlah tenaga pengajar yang ada di Kecamatan itu masih sebagai tenaga honorer. Namun, meski begitu guru di wilayah tersebut tetap berkomitmen untuk menjalankan tugasnya.

Bahkan, tambah Maklon, sejumlah sekolah SD dan SMP baru hanya memiliki Kepala Sekolah saja, belum mempunyai tenaga pengajar untuk mata pelajaran olah raga, agama dan beberapa mata pelajaran lainnya. Menurut maklon, siswa di sekolah tersebut terpaksa belajar hanya dengan membaca buku teks. Sehingga, siswa hanya diminta untuk mengambil catatan saja.

Bupati Sigi M. Irwan mengakui adanya kekurangan guru di sejumlah sekolah di daerah pedalaman wilayahnya. Dia mengatakan, jajaran pemerintahannya akan memprioritaskan pengiriman guru untuk daerah pedalaman tersebut dalam waktu dekat ini.

Kadisdikpora Kabupaten Sigi Ahmad Labaso mengatakan, kekurangan guru bukan satu-satunya masalah yang dihadapi oleh sekolah di wilayah pedalaman, namun mereka juga kekurangan dalam fasilitas pendidikan lainnya. Dia mengatakan, beberapa guru yang telah ditunjuk untuk mengajar di wilayah pedalaman selama beberapa tahun, kemudian minta dipindahkan ke sekolah lainnya.

Oleh karena itu, Disdikpora telah mengambil langkah-langkah untuk melakukan pemerataan distribusi guru di seluruh sekolah di Kabupaten Sigi, dengan memfokuskan merekrut guru setempat. Menurut Labaso, guru yang direkrut harus siap untuk dikirim ke daerah pedalaman guna menghasilkan pendidikan yang lebih berkualitas.

Disdikpora Kabupaten Sigi, lanjut Labaso, selama ini  telah berupaya keras untuk memenuhi siswa di daerah pedalaman mendapatkan pendidikan yang layak dan berkualitas, setara dengan daerah lainnya di perkotaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s