Kualitas Guru Terus Diperbaiki

Kompas, halaman 11

Peningkatan kompetensi guru lewat pendidikan dan pelatihan yang berbasis pada hasil uji kompetensi mulai dilaksanakan melalui program Guru Pembelajar. Penyediaan modul secara daring memberi kesempatan bagi semua guru untuk mengikutinya. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Sumarna Surapranata mengatakan, dari sekitar 2,7 juta guru, lebih dari 90 persen di antaranya telah mengikuti uji kompetensi guru (UKG). Tiap guru akhirnya memiliki potret dirinya sehingga mengetahui kompetensi yang masih kurang dan hendak ditingkatkan lewat program Guru Pembelajar.

Menurut Sumarna, hal tersebut menjadi semacam gerakan untuk mematahkan anggapan guru malas belajar. Dari UKG tahun 2015 yang diikuti 1,6 juta guru, lebih dari 1,3 juta orang di antaranya memiliki nilai ujian kurang dari 60 dengan skala penilaian0 hingga 100. Uji kompetensi diikuti guru di TK, SD, SMP, sekolah luar biasa, SMA, dan SMK.

Menurut Sumarna, metode peningkatan kompetensi guru pasca-UKG ditempuh lewat tiga cara. Kemdikbud menyediakan pembelajaran secara daring, tatap muka, ataupun kombinasi dari keduanya. Pengembangan materi, penyiapan pendukung program, dan pelatihan dilakukan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Dinas pendidikan diminta untuk memanfaatkan hasil UKG sebagai dasar peningkatan kompetensi guru di daerah masing-masing dan juga untuk penilaian kinerja guru. Kemdikbud akan menyiapkan narasumber dan instruktur nasional.

Pelaksana Tugas Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Unifah Rosyidi meminta pemerintah jangan fokus menggelar UKG tiap tahun yang kemudian tidak ditindaklanjuti dengan mendesain diklat yang berkualitas. PGRI akan terus menagih janji Kemdikbud untuk serius meningkatkan mutu guru dalam empat kompetensi, yakni akademik, profesional, keprobadian, dan sosial.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s