Pelajar Papua Terima Beasiswa ke AS

The Jakarta Post, halaman 12

American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF) dan PT Freeport Indonesia (PTFI), Kamis (15/09) kembali melanjutkan kerjasama program beasiswa bagi para pelajar dari Papua dan Papua Barat, untuk belajar selama 2 semester melaui program Community College Initiative (CCI).

Freeport memberikan dana sebesar US$ 1 juta untuk periode 2016-2020 guna mendukung program beasiswa ini. Sebelumnya, Freeport mendanai program serupa untuk periode 2010-2015, dengan mengirimkan sekitar 36 pelajar Papua untuk belajar di Amerika Serikat (AS) melalui CCI.

Perjanjian tersebut merupakan kerja sama lanjutan  antara Freeport dan AMINEF yang sudah dimulai sejak 1998. Sebanyak 26 pelajar dari Indonesia telah mendapat kesempatan untuk mengambil gelas master di AS melalui program Fullbright, yaitu program pertukaran yang didanai pemerintah AS.

Penasihat senior PT Freeport, Michael Manufandu, mengatakan, Freeport baru-baru ini telah menyalurkan dana lebih dari $ 2,4 juta ke AMINEF sebagai upaya menjaga komitmen terbaru mereka. Manufandu mengatakan, pihaknya perlu menginformasikan kepada publik bahwa Freeport memiliki niat baik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya di Papua.

AMINEF adalah organisasi binational yang mengelola program beasiswa Fulbright dan program pertukaran belajar lainnya yang didanai oleh pemerintah AS. Setiap tahunnya, mereka menyediakan 200 dana hibah bagi pelajar Indonesia untuk belajar di AS. Sedangkan, bagi pelajar Amerika yang ingin belajar di Indonesia, disediakan 100 dana hibah tiap tahunnya.

Secara terpisah, Wakil Duta Besar AS Brian McFeeters, mengatakan, saat ini ada sekitar 500 pelajar Amerika yang tengah belajar di Indonesia. Kedubes AS ingin mendorong lebih banyak pelajar Amerika untuk datang ke Indonesia.

McFeeters berbicara pada ajang tahunan US Graduate School Fair 2016 di Jakarta, yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang program gelar master di AS. Dia mengatakan, selama ajang tersebut, pelajar Indonesia dapat melihat peluang mereka untuk belajar di AS dan berinteraksi langsung dengan perwakilan dari universitas di AS, seperti Oregon State University, University of Arizona dan Yale University.

Saat ini, ada sekitar 18.300 pelajar Indonesia yang belajar di AS. AS berencana memperluas jumlah ini melalui berbagai langkah, seperti melalui ajang hosting a graduate school.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s