Batas Minimum Sertifikasi Memberatkan

Media Indonesia, halaman 12

Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Ditjen GTK Kemendibud) yang merapkan kebijakan baru mengenai standar nilai minimum sertifikasi guru melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) menuai kontoversi.

Sekjen Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) Retno Listyarti mengatakan secara logika penaikan nilai minimum dari semula 42 menjadi 80 tidak masuk akal lantaran terlalu tinggi. Padahal, rencananya, standar nilai ujian sertifikasi guru akan naik secara bertahap sebesar 0,5 setiap tahunnya. Retno mengatakan kenaikan terlalu dipaksakan. Apabila sekarang dinaikan hampir 100%, tentu memberatkan, apalagi dadakan dan tanpa sosialisasi yang memadai.

Ia menegaskan, suatu kebijakan pendidikan tidak semestiknya dilakukan secara top down, apalagi hanya bersandar pada persetujuan wakil presiden. Jika akan diberlakukan, kebijakan tersebut terlebih dahulu harus disosialisasikan, diuji coba, baru kemudian diberlakukan secara menyeluruh.

Direktur Jenderal GTK Sumarna Surapranata mengatakan nilai kelulusan uji sertifikasi guru pada tahun ini naik menjadi 80 dari tahun sebelumnya 42. Kenaikan tersebut, jelas Pranata, didasari laporan Bank Dunia bahwa tidak ada perbedaan antara guru yang sudah bersertifikasi dengan yang tidak bersertifikasi. Meski terjadi penaikan skor, terdapat perbedaan mekanisme dari tahun sebelumnya. Jika sebelumnya guru yang tidak lulus sertifikasi tidak bisa ikut ujian lagi atau ikut pelatihan guru dari awal, pada tahun ini guru yang tidak lulus sertifikasi akan mendapatkan kesempatan untuk ikut ujian kembali sebanyak empat kali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s