Beasiswa Bersambut Prestasi

Kompas, halaman 11

Program beasiswa dari pemerintah selama ini disambut antusias oleh para penerima dengan prestasi akademik dan non-akademik. Karena itu, pemerintah memprioritaskan pengucuran beasiswa bagi anak-anak bangsa yang berpotensi untuk kuliah, tetapi terkendala finansial. Hal itu terungkap dalam acara dialog Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Muhammad Nasir dengan mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi dan Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik) Papua dan Papua Barat serta daerah Tertinggal, Terluar, dan Terdepan (3T) di Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (17/9).

Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemristek Dikti, Intan Ahmad mengatakan, tahun ini, pihaknya mengalokasikan anggaran sekitar Rp 3,2 triliun untuk beasiswa Bidikmisi sebagai biaya kuliah sekitar 320.000 mahasiswa program sarjana ataupun politeknik di perguruan tinggi negeri dan swasta. Adapun beasiswa Adik dianggarkan sekitar Rp 40 miliar. Bahkan pada tahun ini, alokasi penerima beasiswa Bidikmisi ditambah menjadi 75.000 mahasiswa baru.

Narimo, salah seorang penerima beasiswa Bidikmisi yang kuliah di Universitas Tanjungpura, tetap berjuang untuk membuktikan bahwa dia memang layak untuk dibantu pemerintah. Ayahnya yang petani tidak mampu membiayai kuliah. Menurut Narimo, sudah lebih dari 2,5 tahun dia tinggal di mushala di lingkungan kampusagar tetap bisa bertahan hidup denga biaya hidup Rp 600.000 per bulan dari beasiswa Bidikmisi. Pencairan biaya hidup per tiga bulan sekali.

Sementara itu, Rektor Universitas Tanjung pura Thamrin Usman mengatakan, beasiswa Bidikmisi memberikan harapan bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu untuk  optimisme menggapai cita-cita. Penerima Bidikmisi di universitas ini lebih dari 3.800 mahasiswa.  Tahun ini universitasnya mendapat alokasi 882 mahasiswa baru penerima beasiswa Bidikmisi. Ia berharap pemerintah bisa menambah hingga 1.000 mahasiswa untuk memberikan kesempatan bagi mereka yang membutuhkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s