Perkuat Relevansi ke Industri

Kompas, halaman 13, Sabtu, 17 Sept

Relevansi pendidikan vokasi dan industri harus diperkuat agar lulusan vokasi, terutama di jenjang SMK, dapat terserap dunia kerja. Bagi industri, tersedianya lulusan vokasi yang berkecakapan standar dengan sendirinya akan menguntungkan dalam penyediaan tenaga kerja. Pendidikan vokasi di SMK saat ini dijalankan dengan pendekatan suplai atau penyedia. Akibatnya, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada tahun 2015, lulusan SMK yang dibidik untuk siap kerja justru menyumbang tingkat pengangguran tertinggi, sekitar 9 persen.

Tenaga Ahli Kantor Staf Kepresidenan Unggul Heriqbaldi mengatakan, semestinya SMK dikembangkan terbalik dengan yang sekarang, yakni berdasarkan kebutuhan pengguna. Menurut dia, revitalisasi vokasi di SMK ini untuk membenahi berbagai ketidaksinkornan antara yang disediakan sekolah dan yang dibutuhkan industri. Menurut Unggul, proses penyiapan tenaga menengah terdidik dan terampil di SMK lebih dominan dengan model pembelajaran di sekolah. Pembelajaran di dunia kerja yang sangat penting justru minim.

Jadi, tambah Unggul, pendekatan dengan teaching factory menjadi hal yang penting. Ini membutuhkan komitmen untuk berinvestasi besar demi terwujudnya SMK yang berkualitas. Salah satu fokus revitalisasi SMK adalah di bidang pertanian. Indonesia harus mampu melahirkan petani modern dari kalanga generasi terdidik dan terampil. Selain itu, mereka juga terhubung dengan teknologi maju agar menghasilkan produk pertanian berkualitas.

Untuk menjawab hal tersebut, sejumlah hal disiapkan, antara lain, menyusun kerangkan kualifikasi yang lebih jelas dan relevan antara sekolah dan industri, merger SMK, serta menyiapkan SMK percontohan, utamanya di bidang pertanian dan industri manufakttur. Adanya bonus demografi harus disikapi dengan menguatkan pendidikan vokasi agar tersedia tenaga kerja yang tidak lagi didominasi lulusan SD.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s