Full Day School Segera Diuji Coba

Koran Sindo, halaman 1

Rencana pemerintah untuk menerapkan full day school (FDS) tetap berlanjut. Rencana penerapan full day school untuk sementara hanya di sejumlah sekolah di beberapa provinsi. Presiden Jokowi, dalam peringatan 90 tahun Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), menekankan pentingnya pelajaran tentang etiket, sopan santun untuk diwujudkan dalam kurikulum maupun ekstrakurikuler.

Jokowi beserta rombongan di antaranya Ketua MPR Zulkifli Hasan, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Jatim Soekarwo melakukan peletakan batu pertama menara baru Masjid Jami PMDG.

Jokowi mengeluhkan mulai lunturnya akhlak tercermin dari berbagai komentar para pengguna media sosial.  Jokowi mengaku melihat begitu banyak komentar yang saling menghujat, merendahkan orang lain, saling mengolok dan saling menghina antar teman.

Staf ahli Mendikbud Bidang Pembangunan Karakter Arie Budhiman menjelaskan, FDS menjadi salah satu item konsep penguatan karakter yang saat ini dalam tahap pengkajian kebijakan. Uji coba FDS akan dilakukan secara bertahap dengan memperhatikan keberagaman tiap sekolah, baik berdasarkan aspek keterwakilan wilayah, inisiatif sekolah dan daerah, sekolah pelaksana Kurikulum 2013, aspek akreditasi serta aspek sekolah negeri dan swasta. Selain itu, kesiapan guru, sarana prasarana sekolah, serta modul pelatihan untuk kepala sekolah dan guru juga terus dibahas.

Namun demikian, sejumlah kalangan meminta pemerintah mempertimbangkan secara matang sebelum melaksanakan FDS dan tidak memaksakan. Anggota Komisi X DPR, Abdul Fikri mengatakan, diperlukan pemetaan dan konsep detail serta sumber daya manusia untuk penerapannya. Sedangkan, pendiri Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Syahrial Yusuf memandang FDS cenderung terlalu dipaksakan dan rentan kontraproduktif.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s