Menristekdikti: Peningkatan SDM Melalui Beasiswa

Suara Pembaruan, halaman 16

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof Mohammad Nasir, dalam kunjungannya ke Universitas Tanjung Pura Pontianak, mengatakan, negara akan selalu hadir dalam menyelesaikan masalah pendidikan anak bangsa. Pasalnya, masyarakat dengan tingkat pendidikan tertentu adalah penentu kemajuan bangsa.

Prof Nasir menyebutkan, angka partisipasi kasar (APK) masyarakat menempuh pendidikan tinggi beriksar pada 27,83%. Angka tersebut menandakan masih rendah dan riskannya Indonesia dalam memasuki kompetisi global. Maka, pemerintah mengalokasikan dana untuk beasiswa sebagai wujud dan komitmen dalam meningkatkan jumlah penduduk yang menempuh pendidikan lebih tinggi. Diharpkan beasiswa tersebut akan memutuskan mata kemiskinan.

Prof Nasir mengatakan, negara hadir untuk anak bangsa, kami harap melalui beasiswa Bidikmisi, Afirmasi Pendidikan Tinggi Papua dan Afirmasi daerah 3T akan dapat meningkatkan daya saing bangsa. Semoga dengan adanya beasiswa ini dapat di manfaatkan sebaik-baiknya untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Dijelaskan dia, subsidi yang diberikan pemerintah untuk anak Indonesia yang berprestasi dengan kemampuan ekonomi terbatas. Tahun ini pemerintah mengalokasikan dana senilai Rp 3,2T kepada 320.000 mahasiswa untuk memecahkan masalah tingginya angka kemiskinan, pengangguran, kebodohan dan keterbelakangan, dan ketimpangan.

Pada kesempatan sama, Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Prof Intan Ahmad melaporkan, jika program Bidikmisi merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang dimulai sejak 2010 dan hingga 2016 ini telah memperoleh mahasiswa sebanyak 320 orang. Program tersebut merupakan amanah Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s